BMW Memang Pernah Buat Pick-Up Bukan Sekedar Tipu-Tipu

Sebagai merek ternama, BMW kerap kali dipertanyakan mengapa mereka tidak membuat model mobil pick-up.

Kendaraan jenis pick-up memang dekat dengan kendaraan niaga, tetapi kini pun dunia sudah dibanjiri dengan pick-up premium.



Beberapa modifikator bahkan pernah membuat BMW pick-up sebagai jawaban, salah satunya adalah BMW E36 pick-up garapan MyCar24 dari Berlin, Jerman.

Rasa penasaran soal kemunculan BMW pick-up pun juga terwujud lewat gambar yang beredar di dunia maya dalam bentuk BMW X5 versi pick-up.



Namun bukan tipu-tipu, BMW sebenarnya sudah membuat pick-up mereka jauh sebelum hal-hal tersebut muncul, tepatnya tahun 1986.

Basisnya adalah E30 yang di Indonesia dikenal dengan BMW "Mas Boy". Bahkan, ia dibuat dengan basis varian tinggi dari E30 yakni M3, hebatnya lagi dengan bahan dasar model convertible.



"Pick-up ini dibuat dari BMW E30 convertible karena rangkanya cocok," ujar Jakob Polschak, Kepala Bagian Prototipe BMW M Division.

Elemen dasar sayap-sayapnya memang tidak terpasang di sana. Mesinnya dibuat agak turun kelas, tetapi kemudian diubah.



Mulanya dia bermesin “M3 ala Italia” yang tenaganya 192 HP. Namun, Jakob Polschak mengatakan mesinnya lalu dinormalkan ke model 4 silinder 2.300 cc 200 HP.

Pick-up E30 ini pun lantas menjadi dasar akan lahirnya prototipe sejenis versi modern tahun 2011 yang bermesin 420 hp.



Adapun sang versi awal BMW pick-up benar-benar digunakan di pabrik selama 26 tahun sejak kemunculannya sehingga membuktikan kemampuan kerjanya.

0 Response to "BMW Memang Pernah Buat Pick-Up Bukan Sekedar Tipu-Tipu"

Post a Comment